POLRI PEDULI" Kapolres Bangkalan Beri Bantuan Renovasi MCK dan Rumah Tidak Layak Huni

0

 

Polres Bangkalan Polda Jatim,patroli88investigasi.com.- Kepedulian polri terhadap masyarakat sekitar terus dilakukan untuk mewujudkan polri yang senantiasa melayani dan mengayomi. Hal ini ditunjukan ketika Wakapolres Bangkalan Kompol Andi Febrianto Ali, S.E. bersama Muspika Bangkalan melaksanakan peninjauan langsung renovasi MCK dan rumah di Kelurahan Pejagan, Bangkalan pada Rabu kemarin (31/07/2024). 

Kompol Andi dan Camat Bangkalan, Danramil kota Bangkalan, Kepala PDAM serta Kepala Kelurahan Pejagan mengecek langsung rumah tidak layak huni yang akan dilakukan renovasi dan juga mengecek rumah dimana tidak ada saluran air bersih serta MCK di dalamnya. 


Kenyataan miris ini bertambah dengan kenyataan bahwa rumah yang tidak memiliki MCK serta aliran air bersih ini ternyata dihuni 5 orang yang terdiri dari seorang bapak yang sudah tua renta, anak perempuan beserta menantu dan dua cucunya yang salah satunya masih berusia balita. 


"Kemarin kita telah meninjau langsung rumah tidak layak huni yang akan direnovasi, yang mana merupakan rumah milik seorang janda dengan anak 3. Dimana anak pertama mengalami ODGJ, kedua disabilitas dan yang bungsu bekerja keras sebagai tulang punggung keluarga," pungkas Kompol Andi saat ditemui di Mapolres Bangkalan, Kamis pagi (01/08/2024). 


Tak hanya merenovasi rumah tidak layak huni, Polres Bangkalan juga merenovasi rumah yang tidak memiliki saluran air bersih dan MCK di rumah tersebut. Kompol Andi selaku pelaksana di lapangan, langsung bergerak cepat merangkul seluruh stakeholder yang ada di kabupaten Bangkalan (PDAM, Dinkes, terkhusus Muspika kecamatan Kota Bangkalan) bersama Satbinmas Polres Bangkalan bersinergi sesuai bidang tugasnya masing-masing dalam memberikan pelayanan langsung kepada warga tersebut. 


Terbukti hari Senin kemarin (29/07) dilakukan survey lapangan, hari Rabu (31/07) untuk kebutuhan jaringan air bersih mulai dikerjakan, pelayanan kesehatan bagi warga yang mengalami ODGJ dan disabilitas telah diobati oleh Dinkes Bangkalan. Selain itu, yang bersangkutan juga menerima akses layanan berobat gratis dan sembako serta uang tunai untuk membantu meringankan kebutuhan sehari-hari. 


Dalam proses pengerjaan MCK, Wakapolres Bangkalan mengajak warga sekitar bergotong royong merenovasi rumah tersebut, sedangkan bahan materialnya disiapkan oleh Polres Bangkalan. Wakapolres mengatakan jika hari ini Kamis (01/08) akan dibuatkan jaringan pipa air bersih oleh PDAM. 


"Ada satu rumah lagi yang akan kami beri bantuan yaitu rumah yang tidak tersedia saluran air bersih dan MCK nya. Di dalam rumah yang tidak ada MCK dan air bersih tersebut, dimana dihuni oleh bapak tua renta beserta keluarganya, saat ini sedang proses dikerjakan untuk saluran air bersihnya oleh PDAM Bangkalan serta diberikan bantuan subsidi 30 meter/kubik setiap bulan. Sedangkan untuk renovasi akan dihandel langsung oleh Polres Bangkalan," tambah Kompol Andi. 


Wakapolres Bangkalan menambahkan jika Polres Bangkalan mengajak empati seluruh masyarakat dan berbagai pihak untuk bahu membahu bersinergi bersama membantu 2 rumah tersebut. 


"Polres Bangkalan mengajak seluruh pihak untuk bersama sama merenovasi rumah tersebut agar bisa dihuni secara aman dan nyaman," ujar Kompol Andi. 


Sementara itu, ditemui di tempat terpisah Kapolres Bangkalan AKBP Febri Isman Jaya, S.H., S.I.K., M.I.K. menjelaskan jika kegiatan ini di inisiasi oleh Polres Bangkalan dan merupakan wujud polri yang bekerja dengan hati tulus dan ikhlas untuk membantu masyarakat yang kurang beruntung ataupun hidupnya kurang layak. 


"Kita harus menumbuhkan sense of crisis dalam kehidupan bermasyarakat. Ini penting agar kita punya kepekaan, kepedulian untuk selalu membantu sesama mereka yang membutuhkan. Semoga kegiatan sosial yang dilakukan oleh Polres Bangkalan mampu menjadi inspirasi masyarakat di kabupaten Bangkalan untuk lebih peduli dan memberikan uluran tangannya kepada siapa saja yang membutuhkan bantuan," tambah AKBP Febri. (Rud88).

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)