Tumbuhkan Sikap Mandiri Dan Peduli, Ratusan Pelajar SMAN 5 Purwokerto Ikuti Kemah Bakti

0

 


Banyumas patroli88investigasi.com Ratusan Pelajar SMA Negeri 5 Purwokerto menggelar kemah dan bakti sosial (baksos) Jumat Sabtu 27-28 September 2024 di Desa Sawangan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Kegiatan yang dibuka oleh Waka Kesiswaan Nur Efendi, S.Si ini melibatkan organisasi sekolah diantaranya OSIS, MPK, PMR, Pramuka, Jurnalistik, Arga Wana Pala (Pecinta Alam) dan Photo Phobia.


Dalam sambutanya Nur Efendi mengatakan kegiatan kemah dan bakti sosial ini dilaksanakan sebagai wujud implementasi pendidikan karakter bagi para siswa dan warga sekolah secara konstektual. 


"Kemah bakti ini bertujuan untuk membangun kebersamaan, menumbuhkan sikap mandiri serta meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan menumbuhkembangkan kepedulian siswa kepada sesama sejak dini, agar tumbuh sikap rela berkorban untuk orang lain,” jelasnya.


Nur Efendi mengajak kepada seluruh anak didik, guru, dan tenaga kependidikan di SMA Negeri 5 Purwokerto untuk terus nenumbuhkembangkan rasa peduli kepada lingkungan dan warga, khususnya mereka yang hidupnya kurang beruntung.


Ketua panitia Dra Urip Kuswardati mengatakan kegiatan diikuti sebanyak 132 siswa dari perwakilan organisasi sekolah diantaranya OSIS, MPK, PMR, Pramuka, Jurnalistik, Arga Wana Pala (Pecinta Alam) dan Photo Phobia serta didampingi 31guru.


"Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan antara lain penanaman pohon, pembagian 70 paket sembako, pemberian bantuan alat tulis, kerudung kepada seluruh siswa serta pemberian penghargaan berupa uang untuk siswa berprestasi di MI Maarif NU 1 Sawangan, kemudian ada kegiatan kelas ibu hamil kerjasama dengan bidan setempat serta penyuluhan pentingnya menjaga kesehatan gigi oleh PMR," katanya.


Urip Kuswardati menambahkan dana untuk kegiatan baksos diperoleh dari sumbangan warga SMAN 5 Purwokerto, ada yang berbentuk uang dan sembako juga didukung oleh sponsor, donatur dan alumni.


Salah satu peserta Nabila Kamalia Afina mengaku senang dapat mengikuti kemah dan bakti sosial yang digelar oleh sekolahnya.


"Sangat senang dapat menambah pengalaman dan relasi antar organisasi. Saya juga merasa lebih bersyukur dan bertanggung jawab setelah mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini akan bermakna sekali sebagai kenangan masa SMA saya," katanya.(Kontributor 88 Prst)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)