Masuk 10 Besar KIP Desa Tingkat Nasional Tahun 2024, KI NTB Dan Diskominfo Cek Kesiapan Desa Desaberu

Patroli88investigasi
0

 


patroli88investigasi.com

Sumbawa Barat, patroli88investigasi.com– Menjelang pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Desa 2024 oleh Komisi Informasi (KI) Pusat Republik Indonesia, KI Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melakukan pengecekan persiapan Desa Desaberu Kecamatan Brang Rea pada Rabu (16/10).

Desa Desaberu berhasil masuk 10 Besar KIP Desa Tingkat Nasional tahun 2024 dan akan dilakukan penilaian oleh KI Pusat bersama Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) sebagai tim penilai eksternal pada Sabtu, 19 Oktober 2024.

Asraruddin, S.A.P, selaku Komisioner Koordinator Bidang Kelembagaan KI NTB, memberikan apresiasi kepada Desa Desaberu yang telah berhasil masuk dalam 10 besar Tingkat Nasional. Keberhasilan ini tak lepas dari peran Pemerintah Desa Desaberu Kecamatan Sumbawa Barat, serta tak lepas pula dari dukungan dari Diskominfo Kabupaten Sumbawa Barat.

“Tantangan ke depan adalah bagaimana meningkatkan dukungan dari pemerintah daerah kepada Diskominfo KSB, agar dapat memperluas pembinaan dan dukungannya kepada desa-desa lainnya,” harapnya.

Asrar, sapaan akrabnya, juga menyampaikan apresiasi capaian Desa Desaberu yang masuk dalam 10 besar tingkat nasional. Beliau juga menyampaikan bahwa keberhasilan ini bukan hanya berkat kerja keras pemerintah desa melalui PPID, tapi juga kontribusi signifikan dari Diskominfo Sumbawa Barat. Beliau menilai kolaborasi ini sangat patut diapresiasi.

“Kita patut bersyukur, di antara 34 provinsi dan lebih dari 100 desa yang bersaing, Desa Desaberu berhasil masuk 10 besar. Bahkan menjadi satu-satunya desa dari pulau Sumbawa yang berhasil masuk,” lanjutnya.

Sementara itu, Ir. Abdul Muis, M.M. selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika KSB, menyatakan bahwa pemerintah KSB melalui Diskominfo telah melakukan pendampingan dan koordinasi secara intensif dengan pemerintah desa dalam persiapan Monev. 

Untuk KIP Desa Tahun 2024 ini, Abdul Muis sangat yakin dapat memberikan hasil positif untuk nama baik Kabupaten Sumbawa Barat dan Provinsi NTB jika persiapan dilakukan dengan sungguh-sungguh.

“Persiapan harus matang, karena nanti wakil ketua Komisi Informasi pusat yang langsung datang menjadi menjadi juri,” ujarnya.

“Kami sangat optimis, apalagi Desa Desaberu telah mengalahkan 40 desa lain di tingkat provinsi. Sebelumnya, NTB berhasil meraih peringkat tiga nasional, dan kali ini kami menargetkan peringkat pertama,” harap Kadis.

Di saat bersamaan, Muttamudin, S.TP. selaku Kepala Desa Desaberu mengatakan bahwa pemerintah desa telah mempersiapkan segala hal, termasuk penyambutan tamu juri dengan tiga tradisi khas Sumbawa Barat. 

“Kami telah mempersiapkan semuanya, untuk penyambutan kami siapkan tiga tradisi atau seni kebudayaan khas Sumbawa Barat. Ada Ratub, Tarian Daerah dan Baguntung,” bebernya.

Disamping itu, koordinasi dengan pihak keamanan seperti Satpol PP dan Aparat Kepolisian juga telah dilakukan untuk memastikan kelancaran dan kondusifitas selama pelaksanaan Kegiatan Monev. 

“Penjagaan keamanan tempat sebelum dan ketika hari pelaksanaan juga penting dilakukan,” pungkasnya.

Dengan persiapan matang dan kerja sama yang kuat antara Pemerintah Desa, Diskominfo dan Pemerintah Daerah, Desa Desaberu diharapkan mampu memberikan hasil terbaik dalam ajang Monev KIP Desa 2024. (R. Taka 88)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)