Ratusan Pramuka Berkebutuhan Khusus Pangkalan SLB Banyumas dan Cilacap Ikuti PPBK

0

 


patroli88investigasi.com Sebanyak 204 anggota Pramuka berkebutuhan khusus, dari Pangkalan Sekolah Luar Biasa (SLB) di Banyumas dan Cilacap mengikuti kegiatan Pertemuan Pramuka Berkebutuhan Khusus (PPBK), Senin 30 September 2024 di Kolam Renang dan Outbound Kidung Kampoengku Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Kegiatan yang digelar oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah tersebut, merupakan komitmennya dalam memberikan dukungan kegiatan kepramukaan bagi Gugusdepan berkebutuhan khusus.


Kasi SMA/SLB Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Dwi Sucipto, S.ST, M.M mengatakan kegiatan Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup.


“Pembinaan terhadap Pramuka Berkebutuhan Khusus perlu mendapatkan perhatian dan ditingkatkan dalam upaya untuk meningkatkan kebersamaan, mengembangkan kemandirian, jati diri dan prestasi peserta didik. Untuk itulah Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X menyelenggararakan kegiatan ini,” kata Dwi Sucipto


Salah satu panitia Netti Lestari, S. Pd mengatakan kegiatan Pertemuan Pramuka Berkebutuhan Khusus diikuti 204 anak didik yang berasal dari 11 SLB di Wilayah Kabupaten Banyumas dan Cilacap. SLB tersebut antara lain SLB Putra Mandiri 2 Gandrungmangu, SLB B Yakut Purwokerto, SLB Negeri Cilacap, SLB Negeri Kroya, SLB ABCD Kuncup Mas Banyumas, SLB Darussalam Cilacap, SLB ABCD Mutiara Nusantara Majenang, SLB C-C1 Yakut Purwokerto, SLB Aisyah Al Waidah, SLB Al Banun dan SLB Putra Mandiri 1 Kawunganten. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kemandirian serta menambah persahabatan sebagai perekat persatuan dan kesatuan.


“Pada ini juga diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan peserta didik untuk bekal mandiri, menambah pengetahuan, pengalaman dan wawasan peserta didik serta meningkatkan kepedulian terhadap sesama dan lingkungan,” katanya


Pada kegiatan ini setelah mengikuti upacara pembukaan peserta mengikuti kegiatan traking dan penjelajahan, wide game, arung sungai, tangkap ikan dan fliying fox.(Sgt 88 By Protokoler)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)